Miniatur Vespa dari Korek Api Bekas

Miniatur Vespa dari Korek Api Bekas - Banyaknya sampah yang tidak terurai seperti plastik, menyebabkan berbagai banyak kerugian. Pencemaran tanah, banjir, dan berbagai masalah lainnya bisa saja diakibatkan bekas korek api gas, yang bahannya kebanyakan terbuat dari plastik.

Tapi ada satu komunitas di Singosari, Kabupaten Malang yang memanfaatkan bekas korek api gas ini menjadi barang bernilai jual tinggi. Mereka berada dalam satu komunitas bernama Komunitas Kreatip-Primitip Rosokcraft.


Okta Deddie Artanto, ketua komunitas ini menceritakan, kalau komunitas ini sudah didirikan sejak 2010. Ia mengatakan, ide memanfaatkan bekas korek api gas ini berawal dari keisengan sesama kelompok. “Gara-gara melihat banyak korek api gas yang dibuang sembarangan, daripada nanti bisa meledak dan membahayakan lebih baik kita manfaatkan jadi miniatur vespa,” ungkap Okta.

Cara Membuat Sendiri Miniatur Vespa dari Korek Api

Hasilnya juga luar biasa, komunitas yang sebagian besar anggotanya merupakan pekerja serabutan ini berkali-kali masuk ke pameran di Malang, dan mendapatkan animo yang luar biasa. “Terakhir kami masuk di pameran yang diselenggarakan di UM (Universitas Negeri Malang, Red.),” tambahnya. Bagai durian runtuh, beberapa karya komunitas ini berhasil laris di beli dikisaran 50ribu sampai seratus ribu rupiah.



“Padahal kami tidak mengeluarkan modal sama sekali, tapi kami mendapatkan untung,” kata Okta. Menurutnya, bahan baku berupa bekas korek api gas ini ia dapatkan dari pengepul sampah dan dijalan-jalan dengan gratis. “Makanya kami bernama Rosokcraft, memanfaatkan barang-barang rongsokan,” tandas Okta.(Scooter Indonesia)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
May 16, 2016 at 8:05 AM delete

jika kita kreatif, apa saja bisa kita buat kerajinan yg keren

Reply
avatar
August 6, 2016 at 8:14 AM delete

manthap gan artikelnya, salam kenal dan sukses selalu buat blognya
http://dikejar.com/2016/08/cara-membuat-kerajinan-motor-mainan-dari-korek-gas/.html

Reply
avatar