Jajal Skuter Yamaha Berwujud 'Vespa'

Jajal Skuter Yamaha Berwujud 'Vespa' - Sebelum maraknya jenis sepeda motor bertransmisi matik, istilah skuter sangat lekat dengan merek Vespa. Meski di luar negeri sebutan skuter tidak hanya mengacu pada motor buatan Italia tersebut, namun bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, skuter adalah Vespa.

Sekitar era 90-an, dunia sepeda motor di Indonesia diramaikan oleh motor jenis baru, yaitu skuter bertransmisi otomatis, atau biasa dikenal dengan nama skutik (skuter matik). Piaggio adalah yang pertama memboyong skutik ke Indonesia, melalui model Corsa.

Keiritan dan model futuristik dari motor jenis bebek (moped) kala itu ternyata gagal diruntuhkan oleh Corsa. Meski penjualan Corsa tidak sedikit, namun jumlahnya masih kalah jauh dengan motor bebek.
Masuk ke abad 21, produsen motor asal Taiwan, Kymco, memberanikan diri menjual skutik andalan mereka, yaitu Kymco Jetmatic. Sayangnya, penjualan Jetmatic tidak sesuai harapan, gara-gara merebaknya isu Motor China (Mocin) yang kala itu diragukan kualitasnya.

Pada 2002, salah satu produsen sepeda motor asal Jepang, Yamaha, yang mencoba peruntungan dalam hal menjual skutik. Berkat promosi dan strategi marketing mereka saat itu, Yamaha Nouvo berhasil meraih pangsa cukup besar.

Berbeda dengan Corsa, Nouvo mengusung model yang lebih modern, yang saat itu memang tengah digandrungi. Setahun kemudian, Yamaha kembali meluncurkan skutik anyar, Yamaha Mio.

Bentuknya yang mungil dan membulat khas skuter membuat banyak yang 'jatuh hati' pada motor ini. Selain itu, sistem transmisi Mio sudah menggunakan Continuous Variable Transmission atau CVT, yang sangat halus perpindahan giginya(Scooter Indonesia)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »