Gogoro Memperkenalkan Smartscooters, Skutik Pintar Bertenaga Listrik

Gogoro Memperkenalkan Smartscooters, Skutik Pintar Bertenaga Listrik - Belum lama ini, sebuah perusahaan bernama Gogoro memperkenalkan sebuah skutik. Namun bukan hanya sebuah skutik yang biasa saja, karena skutik yang dibuat oleh perusahaan tersebut merupakan skutik pintar atau Smartscooters.


Skuter tersebut merupakan skuter listrik, jadi tidak memerlukan bensin untuk bahan bakarnya. Smartscooters sendiri memanfaatkan baterai buatan Panasonic, yaitu baterai Panasonic 18650 lithium ion cells. Baterai yang digunakan ternyata sama dengan baterai yang digunakan oleh Tesla untuk mobil listrik Tesla model S. Baterai skuter ini juga mempunyai ukuran yang lumayan besar, yaitu seukuran kotak sepatu, serta mempunyai berat hampir mencapai 20 pond.

Dan berhubung ini merupakan sebuah skuter pintar, tentunya skuter tersebut mempunyai kemampuan yang tidak dimiliki oleh skuter-skuter yang lainnya. Misalnya aja, saat sedang mengendarai Smartscooters dan tiba-tiba daya baterainya mau habis, nanti pengguna akan dikasih tau GoStation hub (stasiun pengisian daya baterai) terdekat melalui sebuah aplikasi khusus yang terinstall di smartphone. Masing-masing stasiun pengisian mempunyai tinggi 6 kaki dan sudah weatherproof, selain itu stasiun tersebut juga mampu mengisi 8 baterai sekaligus secara bersamaan.

Tidak hanya itu saja yang membuat skuter ini dijuluki skuter pintar, karena ternyata skuter buatan Gogoro ini juga bisa terkoneksi dengan cloud via smartphone. Selain itu juga terdapat BluetoothLE keyfob yang bisa digunakan untuk mengunci skuter, membuka laci penyimpanan di bagian bawah jok, dan mengidentifikasi pengguna di GoStation hub.

Smartscooters sendiri sejak awal diperkenalkan sudah berhasil menarik minat dari beberapa negara, seperti India, China, Brasil, dan Thailand. Namun Gogoro masih hanya akan memasarkan produk ini di Taiwan saja dan akan mulai dipasarkan pada musim panas mendatang. Sampai saat ini masih belum ada informasi tentang harga, dan masih belum tau juga apakah skuter pintar tersebut akan dipasarkan secara global atau tidak.(Scooter Indonesia)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »